Program TNI Manunggal Air Kodim 0413/Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun sumur bor guna membantu warga Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah dalam mengatasi krisis air bersih.

"Alhamdulillah, tiga sumur bor ini sudah dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau ini," kata Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol Arhan Agung Rakhman Wahyudi di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menyatakan Program Manunggal Air ini merupakan salah satu kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Tahun 2024, yang dilakukan Kodim 0413/Bangka di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah guna membantu dan memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih selama musim kemarau.

"Pembangunan tiga sumur bor berkapasitas besar ini difokuskan di daerah yang masih kekurangan air bersih selama musim kemarau," ujarnya.

Ia menyatakan tiga sumur bor Program TNI Manunggal Air Kodim 0413/Bangka ini telah diserahkan ke Bupati Bangka Tengah sebagai bentuk dukungan TNI dalam meningkatkan ketersediaan air bersih masyarakat selama musim kemarau.

"Tantangan kegiatan TMMD di Bangka ini hanya cuaca panas yang sangat terik. Namun demikian, sangat luar biasa semangat dan sinergisitas masyarakat bergotong royong bersama personel TNI dalam menuntaskan pembangunan infrastruktur di desa ini," katanya

Salah seorang warga Desa Namang Sutinah (46) mengaku sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membangun sumur bor di desanya.

"Selama musim kemarau ini, kami sudah kesulitan mendapatkan air bersih untuk mandi, mencuci, memasak dan lainnya, karena air sumur umum tidak lagi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga daerah ini," katanya.

Menurut dia, sebelum adanya sumur bor ini, warga terpaksa menggunakan air sungai dan kolong bekas tambang timah yang tidak layak untuk kebutuhan memasak, mencuci, mandi dan lainnya.

"Kalau untuk kebutuhan air minum, kami cukup membeli air isi ulang, sementara untuk mandi, mencuci dan lainnya terpaksa menggunakan air sungai yang alirannya sudah mengecil karena kemarau," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024