Forkopimda Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meninjau kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat guna mengecek kesiapan menjelang tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024.

"Pada hari ini kami beserta jajaran Forkopimda Belitung melihat kesiapan KPU menjelang masa pendaftaran calon kepala daerah di Pilkada 2024," kata Pj Bupati Belitung, Mikron Antariksa di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024 dibuka mulai 27-29 Agustus 2024.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil laporan dari ketua KPU Belitung dipastikan persiapan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada 2024 sudah mencapai 80 persen.

"Untuk kesiapannya tadi sudah 80 persen, kami dengan forkopimda dan Satpol PP Belitung mempertebal kesiapan ini dengan membantu untuk keamanan dan lancarnya proses pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024," ujarnya.

Dirinya mengingatkan agar tidak ada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang terlibat dan ikut berpartisipasi dalam proses pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024 di lingkungan kantor KPU Belitung guna menjaga netralitas.

"Tadi juga sudah kami instruksikan untuk dapat memantau karena dalam rangka menjaga netralitas apabila ada ASN yang terlibat nanti kami menunggu laporan," katanya.

Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Senin mengatakan adapun persiapan dalam tahapan proses pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada 2024 sudah mencapai 80 persen.

"Kalau persiapan sudah 80 persen, kami sudah menyiapkan untuk penyambutan pendaftaran bakal pasangan calon di Pilkada 2024, ruang pendaftaran, hingga ruang konferensi pers bagi awak media," ujarnya.

Dikatakan sampai saat ini pihaknya baru menerima satu pemberitahuan dari perwakilan salah satu pasangan calon yang akan mendaftarkan diri.

"Baru satu tim paslon yang menghubungi kalau yang lain belum ada," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024