Pj Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah melakukan kunjungan ke pasar induk Tanjung Pandan, guna mengecek harga bahan kebutuhan pokok di pasar itu.

"Kami bersama sekretaris daerah, kepala organisasi perangkat daerah, dan jajaran forkopimda melakukan kunjungan ke sini (pasar Tanjung Pandan) untuk mengecek stabilitas harga," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Pj Bupati Belitung, Mikron Antariksa melakukan kunjungan ke pasar induk Tanjung Pandan dengan berjalan kaki dan singgah ke beberapa lapak pedagang mulai dari lapak pedagang ayam, sayur, ikan, dan daging sapi.

Menurut dia, kunjungan ke pasar induk Tanjung Pandan ini juga dilakukan guna melihat dan mengendalikan inflasi di daerah itu.

Ia mengatakan, dari hasil peninjauan tersebut, harga bahan kebutuhan pokok atau pangan yang dijual di pasar induk Tanjung Pandan terpantau normal, tidak ada yang mengalami kenaikan harga signifikan.

"Paling tadi ada bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram karena pasokan dari luar daerah berkurang," ujarnya.

Namun, lanjut Mikron, harga bahan kebutuhan pokok lainnya di daerah itu terpantau stabil seperti bawang putih dijual Rp35 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp45 ribu per kilogram, dan cabai merah keriting Rp35 ribu per kilogram.

"Begitu juga dengan bumbu-bumbu dapur lainnya masih stabil tidak ada masalah, begitu juga dengan ikan yang menyumbang inflasi dalam kondisi yang stabil dan tidak ada masalah," katanya. 

Disampaikan, harga bahan kebutuhan pokok di daerah itu stabil dikarenakan tersedianya pasokan bahan kebutuhan pokok baik yang didatangkan dari luar daerah maupun dalam daerah.

"Misalnya tadi telur ayam memang sudah produksi sendiri lokal ayam potong juga sudah produksi sendiri cuma tadi daging sapi memang masih ada yang es (beku) didatangkan dari luar daerah," ujarnya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024