Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Sukirman mengatakan Festival Jiran Nusantara 2024  yang digelar untuk memperingati Hari Jadi Ke-290 kota Mentok bermanfaat untuk membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam menjual atau memasarkan produknya.

"Masyarakat membutuhkan hiburan, dan dengan adanya Festival Jiran Nusantara ini kami yakin akan membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk sehingga bisa berkembang," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin.

Menurut dia, Pemkab Bangka Barat telah menyiapkan berbagai pola untuk membantu mengembangkan UMKM lokal agar semakin dikenal, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Festival Jiran Nusantara yang digelar di pusat kota Mentok tahun 2024 ini menjadi kegiatan yang baik bagi para pelaku UMKM untuk ikut berperan dalam perputaran roda perekonomian Bangka Barat.

"Kami sudah meminta Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian untuk menata agar tertib dan lancar, jangan sampai mereka tidak bisa ikut memanfaatkan festival ini, tapi tetap tertib. Ini acara untuk masyarakat Bangka Barat. Atur dengan baik agar acara khidmat dan mudah-mudahan lancar semuanya," katanya.

Selain memberikan ruang bagi para pelaku UMKM, untuk menambah kemeriahan suasana, Pemkab juga menghadirkan hiburan dan kesenian, salah satunya menampilkan band Tipe-X sudah diyakini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung dari luar Bangka Barat.

"Kehadiran grup band ini akan membawa dampak yang baik bagi daerah, selain orang luar daerah banyak yang menonton, mereka akan lebih mengenal budaya dan keramahan masyarakat Bangka Barat, pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat," katanya.

Kunjungan warga luar daerah itu diharapkan bisa memberikan keuntungan bagi para pelaku jasa perjalanan, penginapan dan hotel.

Menurut dia, jumlah homestay di daerah itu juga sudah cukup banyak dan siap untuk menampung para pengunjung luar daerah yang ingin menikmati Festival Jiran Nusantara 2024.

"Mudah-mudahan semuanya terisi, kita berharap mereka bermalam di Mentok," katanya.

Ia mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersamaan agar perayaan hari jadi Kota Mentok semakin meriah dan bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh masyarakat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024