Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan air bersih ke sejumlah fasilitas umum, karena mengalami kekeringan selama musim kemarau di daerah itu.

"Saat ini kita memprioritaskan penyaluran air bersih untuk fasilitas umum, seperti rumah ibadah, sekolah dan instansi pemerintah," kata Sekretaris BPBD Provinsi Kepulauan Babel Arie Primajaya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan bantuan air bersih untuk fasilitas umum yang mengalami krisis air bersih ini guna mendukung pelayanan pemerintah kepada masyarakat agar tetap berjalan dengan baik.

"Dengan adanya bantuan air bersih ini aktivitas masyarakat melaksanakan ibadah di rumah ibadah, seperti masjid, mushala, gereja dan lainnya tetap berjalan dengan baik," katanya.

Ia menyatakan dalam mengatasi kekeringan selama musim kemarau ini, pemerintah kabupaten dan kota juga telah mengumumkan dan membuka call center untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

"BPBD kabupaten dan kota juga telah melakukan penyaluran air bersih di fasilitas umum ini, seperti rumah ibadah dan sekolah," katanya.

Menurut dia, saat ini belum ada permintaan air bersih dari masyarakat umum dan ini menandakan ketersediaan air bersih di masyarakat masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kami berharap selama musim kemarau, masyarakat bijak dan hemat menggunakan air guna menjaga ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya seperti mencuci, mandi, memasak dan lainnya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024