Sebanyak 220 atlet panahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias mengikuti turnamen Timah Archery Competition 2024 yang digelar Timah Archery Club (TAC), guna membangkitkan olahraga panahan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Ada 220 atlet dari 19 klub panahan di Kepulauan Babel mengikuti ajang Timah Archery Competition tahun ini," kata Ketua Pelaksana Timah Archery Competition Rio Wahyudi di Pangkalpinang, Jumat.

Rio Wahyudi juga selaku Ketua TAC mengatakan Timah Archery Competition tahun ini dimulai 13 hingga 16 September 2024, merupakan kompetisi panahan yang digelar setiap tahun untuk mendukung prestasi atlet panahan di Bangka Belitung.

Ada sembilan katagori lomba yang dipertandingkan dalam Timah Archery Competition 2024 yakni Nasional Under 9 tahun, Under 12 tahun, Under 15 tahun, Under 18 tahun, Standar Nasional Umum, Barebow 30 meter, Barebow 50, compound 50, recurve 70 meter.

"Peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini dan turnamen ini untuk membangkitkan bakat atlet panahan di daerah ini," katanya.

Ia menyatakan TAC merupakan salah satu organisasi panahan yang berada di bawah naungan PT Timah ingin melanjutkan cita-cita perusahaan untuk memberikan kontribusi positif dalam kemajuan olahraga panahan khsususnya dalam memunculkan bibit-bibit atlet yang diharapkan bisa mengharumkan nama Bangka Belitung.

"Kegiatan ini didukung penuh oleh PT Timah dan ini merupakan upaya kami untuk meneruskan cita-cita perusahaan untuk mendukung kemajuan olaharaga. Apresiasi antusias dari peserta, club, PT Timah dan sponsor," katanya.

Ketua Baporseni PT Timah Ebbi Wibisana mengatakan secara historis PT Timah memang berperan aktif untuk mendukung kemajuan olahraga di Bangka Belitung termasuk olahraga panahan.

"PT Timah terus mendukung kemajuan olaharaga di Bangka Belitung termasuk panahan. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet panahan Babel yang nantinya bisa mengharumkan nama Bangka Belitung," ujarnya.

Ketua Bidang Organisasi Perpani Bangka Belitung Abdul Hakim menyebutkan PT Timah merupakan pionir dalam mendukung kemajuan olaharaga panahan di Bangka Belitung.

"Kami berharap pertandingan seperti ini dapat terus berkelanjutan. Karena memang para atlet panahan Babel harus banyak berkompetisi agar bisa meningkatkan kualitas. Karena saat ini memang atlet panahan Babel masih harus banyak berlatih dan bertanding," katanya.

Salah satu atlet panahan yang mengikuti kompetisi ini, Avin Ayab dari Bangka Selatan mengatakan, dirinya sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi ini.

"Seminggu terkahir ini kami intens latihan untuk persiapan kejuaraan, kalau biasanya seminggu dua kali. Saya berharap akan ada banyak lagi event kejuaraan panahan di Bangka Belitung sehingga kita bisa mengasah kemampuan," kata Anggota Junjung Besaoh Archery Club ini.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024