Indeks pembangunan statistik (IPS) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Kepulauan Bangka Belitung meraih nilai kategori baik pada Penganugerahan Anindhita Wistara Data (AWD) 2024.

Pengharagaan itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Belitung Timur Bayu Priyambodo bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Belitung Timur Dwi Widyanto di Grand Mercure Hotel, Kebayoran Jakarta, Kamis.

Bayu mengatakan, penghargaan AWD merupakan wujud apresiasi pembenahan yang telah dilakukan dalam lima domain Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). Mulai dari pelaksanaan prinsip satu data indonesia, kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan hingga statistik nasional.

Belitung Timur merupakan satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diundang langsung menghadiri acara penganugerahan AWD yang diselenggarakan oleh BPS yang bertepatan pada peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2024 ini.

“Saya kira ini merupakan sebuah kehormatan yang luar biasa buat kami Diskominfo SP selaku walidata daerah, terhadap hal-hal yang telah kami upayakan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral selama ini di lingkungan pemerintahan," ujarnya.

Bayu mengatakan, Diskominfo SP bukan OPD yang menghasilkan dan mengumpulkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun penguatan penyelenggaraan statistik yang diukur melalui IPS untuk mendukung indeks RB.

"Tentu saja ini bagian dari kontribusi dalam peningkatan ruang fiskal daerah karena indeks Reformasi Birokrasi (RB) berkontribusi signifikan terhadap perhitungan pendapatan daerah melalui dana perimbangan pusat ke daerah," ujarnya.

Bayu mengatakan, penghargaan itu sangat istimewa karena bertepatan dengan agenda perencanaan pembangunan daerah, dimana pada 27 November 2024 akan menyelenggarakan pesta demokrasi serentak.

Bayu mengatakan, Konsekuensinya adalah pemerintah daerah perlu menyusun perencanan pembangunan lima tahunan berdasarkan visi dan misi kepala daerah terpilih.

“Melalui penyediaan data statistik yang baik, termutakhir/update dan bisa diandalkan ini, kita berharap penyusunan RPJPD dan RPJMD yang diupayakan oleh pemerintah daerah bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024