Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bangka Belitung (Babel) Harun Sulianto menyambangi Plh Bupati Belitung Timur (Beltim) Mathur Noviansyah di Ruang Rapat Bupati Beltim, Kamis (26/9/2024).

Dalam keterangan rilis yang diterima di Pangkalpinang, Jumat (27/9), kedatangan Harun Sulianto bersama Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alisyahrin dalam rangka penyerahan Piagam Penghargaan dari Direktur Jenderal Imigrasi kepada Bupati Belitung Timur atas apresiasi terbentuknya Imigrasi-Corner (Pusat Informasi Keimigrasian) di Kabupaten Beltim. Ini sebagai sarana mendekatkan Pelayanan Publik terkait Keimigrasian di Kabupaten Beltim.

Kakanwil Harun Sulianto juga menyampaikan apresiasi atas sinergi yang sangat baik dengan Pemkab Beltim selama ini. Hingga saat ini sudah sebanyak 4 Ranperda dan 24 Ranperbup yang telah diharmonisasi.

"Dibidang Indeks Reformasi Hukum (IRH) Pemkab Beltim nilainya sangat tinggi yakni 97,90, masuk peringkat 3 nasional, dan dapat penghargaan Menkumham tahun 2023. Dibidang kekayaan intelektual juga telah terdaftar indikasi geografis dari Beltim yakni madu trans, yang saat ini dalam pembinaan Ditjen Kekayaan Intelektual dan Tokopedia untuk  pemasarannya. Telah tercatat juga  sebanyak 36 kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari Beltim," kata Harun.

Harun juga berharap kepada jajaran Pemkab Beltim untuk membantu sosialisasi agar para UMKM mendaftarkan merek dagang atau jasanya serta mendaftar kan usahanya melalui perseroan perorangan.

Diakhir acara diserahkan piagam penghargaan dari Dirjen Imigrasi kepada Pemkab Beltim atas adanya imigrasi corner (Pusat Informasi Keimigrasian) pertama di Babel. 

Plh Bupati Beltim Mathur menyampaikan terima kasih atas  jalinan silaturahim dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini antara Pemkab Beltim dan Kanwil Kemenkumham Babel.

"Imigrasi Corner ini sangat mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan keimigrasian. Tidak hanya pelayanan passport saja, tetapi juga bisa memberikan pelayanan terkait dengan hal-hal yang sifatnya konsultasi terkait permasalahan keimigrasian, termasuk juga bagaimana hubungan Pemerintah Daerah dengan Warga Negara Asing (WNA) yang ada di Belitung Timur," ujar Mathur.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Babel, Doni Alfisyahrin, Kakanim Tanjungpandan, Rahmad Suharto, Kabapas Tanjungpandan, Rivan Azwandi, Kabid Zimfokim Erwin, Kabid Inteldakim Edi Firyan, Kabag program dan Humas Sugeng, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sayono, Kabapeda Litbangda Ilfan Suryawan Kadisnaker koperasi UKM, Gustaf Pilandra dan Camat Manggar Herry Susanto.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024