Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu dengan damai dan bermartabat.

Kepastian pilkada  aman dan bermartabat itu dinyatakan sikap deklarasi disampaikan oleh salah satu pasangan calon peserta pilkada bersama dengan sejumlah partai politik pendukung.

Selain pasangan calon peserta dan partai pendukung, kata Ketua Bawaslu Bangka Sugesti di Sungailiat, Kamis, pernyataan sikap itu hendaknya pula di dukung seluruh lapisan masyarakat.

"Saya berharap, pilkada dengan satu pasangan tunggal berjalan aman, lancar dan damai, tidak ada persepsi yang berbeda dalam hal pelaksanaan tahapan pilkada," kata dia.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu, untuk menyatukan pandangan dalam hal menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

"Kami bersama dengan masyarakat terus melakukan pengawasan pilkada serentak secara damai dan adil, menempatkan segala sesuatu dengan'proporsional'  dan profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab," jelasnya.

Sugesti menginginkan semua organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan bersama-sama menciptakan situasi kondusif sehingga terwujud pilkada tanpa persoalan.

"Kita mempunyai keinginan yang sama yakni, mendapatkan kepala daerah yang mampu memimpin Kabupaten Bangka dengan baik," katanya.

Ia mengingatkan seluruh masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap untuk menyampaikan hak suara pada 27 November 2024.

"Kita saling memberikan edukasi kepada masyarakat supaya memahami pentingnya menyampaikan hak suara politik itu," jelas Sugesti.

Sugesti minta peran media massa untuk menyampaikan informasi yang mendidik, mencerahkan masyarakat, justru jangan menyampaikan kabar yang berpotensi memantik konflik.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024