Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan kader akbar, guna menciptakan kader-kader berkarakter untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kegiatan ini untuk menciptakan kader-kader yang berkarakter dan mumpuni dari segi keislaman, keilmuan dan kebangsaan," kata Ketua HMI Cabang Babel Muda Afreiyanto di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan kader akbar HMI Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini digelar selama tiga hari dimulai Jumat (11/10) hingga Minggu (13/10) di Kota Pangkalpinang diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai universitas di Pulau Bangka.

"Dari hasil screening, sebanyak 35 mahasiswa dinyatakan lulus dan mengikuti latihan kader akbar ini dari Universitas Bangka Belitung (UBB), IAIN SAS Babel, Polman, Unmuh, Pertiba dan ISB Atma Luhur," katanya. 

Ia menyatakan materi yang akan disampaikan pada latihan kader 1 terkait ke-HMI-an yang termuat dalam kitab perjuangan HMI, seperti keyakinan Muslim, wawasan ilmu, wawasan sosial, kepemimpinan, etos perjuangan dan hari kemudian.

"Materi-materi ini terkait perjuangan HMI, konstitusi, kitab perjuangan dan manajemen aksi," katanya.

Ia mengharapkan para peserta dapat mengembangkan tiga komponen penting dalam diri mereka. Pertama, karakter yang meliputi karakter moral dan kinerja.

Kedua, kompetensi yang meliputi pemikiran kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Terakhir literasi yang meliputi teknologi, budaya, dan kewarganegaraan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan atau menumbuhkan jiwa kesadaran dalam diri peserta, yaitu sebagai mahasiswa dan sebagai Muslim," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024