Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta seluruh petani di daerah itu untuk mendukung pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

"Saya minta para petani nantinya dapat mendukung pengembangan KEK pariwisata yang mulai dikembangkan oleh pihak swasta pada 2017," katanya di Sungailiat, Rabu.

Dengan keterlibatan petani dalam kegiatan pengembangan ini, kata bupati, nantinya petani dapat memasok hasil tanamnya ke pengelola pariwisata untuk pemenuhan kebutuhan kuliner.

"Mulai sekarang petani hendaknya sudah mempersiapkan diri dengan menanam tanaman yang nantinya dapat diserap oleh pengelola kuliner di kawasan itu," katanya.

Bupati mengatakan, kawasan KEK pariwisata yang sudah ditetapkan seluas lebih kurang 100 hektare mulai dari  pantai Matras, Rebo dan sejumlah pantai lainnya yang masuk kawasan tersebut akan dikembangkan oleh pihak swasta yang tergabung dalam konsorsium.

"Saya juga minta petani agar tanamannya dirawat dengan baik sehingga hasilnya panennya memiliki kualitas bagus dan hasil panen yang banyak," ujarnya.

Dinas terkait, kata bupati, hendaknya dapat memberikan pembinaan kepada petani agar memaksimalkan mengelola lahan atau kebunnya.

"Saya juga minta semua lapisan masyarakat mendukung program KEK pariwisata agar terlaksana sesuai dengan harapan karena pengembangan sektor ini dapat memberikan kontribusi pendapatan daerah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016