Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan alat tangkap ikan berupa jaring untuk berbagai jenis ikan dan ukuran.

Pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka, Ibnu di Sungailiat Kamis mengatakan, tahun ini pihaknya menyalurkan alat tangkap jaring ikan untuk nelayan tradisional dengan berbagai jenis dan ukuran.

"Untuk jenis jaring ikan tenggiri kami menyalurkan bantuan ke nelayan sepanjang 250 piece atau sekitar 12.500 meter, jaring kembung dengan total sepanjang 250 piece," katanya.

Kemudian jaring cumi-cumi total yang disalurkan ke nelayan kata dia, sepanjang lebih kurang 12.000 meter, jaring udang sepanjang 251 piece atau sekitar 12.550 meter, dan jaring kepiting sepanjang 250 piece.

"Selain alat tangkap jaring, kami juga menyalurkan bantuan mesin tempel kapal ikan sebanyak 25 unit dengan berbagai jenis ukuran mesin," katanya.    
    
Dari 25 unit mesin tempel kapal nelayan masing-masing, kata dia, ukuran 3,5 PK sebanyak delapan unit, ukuran lima PK sebanyak tujuh unit dan ukuran mesin 9,8 PK sebanyak sembilan unit.

"Semua bantuan alat tangkap ikan untuk nelayan termasuk mesin kapal tempel dan lainnya disalurkan ke nelayan tradisional yang tergabung dalam kelompok usaha bersama," katanya.

Penyaluran bantuan nelayan, kata dia, sesuai dengan ketentuannya tidak dapat disalurkan dengan sistem perorangan melainkan nelayan itu harus tergabung dalam kelompok nelayan yang dianggap sah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016