Koba (Antara Babel) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengingatkan petani di daerah itu tidak mengalihfungsikan lahan pertanian.

"Jangan alih fungsikan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan, kembangkan dan manfaatkan lahan untuk ditanami tanaman yang bernilai ekonomis," ujarnya di Koba, Rabu.

Bupati mengatakan itu saat menghadiri panen raya komoditas melon milik kelompok tani Patimura Desa Cambai di lahan seluas setengah hektare.

"Saya juga sarankan kepada petani menanam banyak komoditas yang bernilai ekonomis di lahan yang sama, jadi tidak hanya satu komoditas saja," ujarnya.

Bupati memuji semangat kelompok teni Patimura Desa Cambai yang tergolong berhasil menanam dan panen buah melon kendati kondisi tanah di Bangka tidak begitu subur.

"Keberhasilan ini karena bekerja keras, kratif dan selalu bernovasi sehingga mereka memanen hasil dari apa yang mereka tanam," ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Patimura, Margarisa mengatakan memilih menanam melon awalnya hanya uji coba saja karena      belum ada petani di Bangka menanam melon.

"Awalnya kami uji coba saja, namun tetap dengan rasa optimistis sehingga akhirnya membuahkan hasil karena kelompok ini benar-benar tekun," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016