Muntok (Antara Babel) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan program promosi berbagai produk usaha kecil dan menengah agar semakin dikenal konsumen.

"Promosi produk usaha kecil dan menengah (UKM) akan terus kami lakukan untuk membantu mereka memasarkan produksinya. Kami harapkan mereka semakin giat dan tekun menggeluti usaha agar semakin laku di pasaran," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kabupaten Bangka Barat, Herzon di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, promosi dilakukan dengan berbagai cara agar dapat menjangkau pasar yang semakin luas sehingga banyak yang kenal dengan produk lokal Bangka Barat.

"Media sosial, daring, pola tradisional dari mulut ke mulut dan aktif mengikuti berbagai pameran produk kerajinan juga terus kami lakukan agar produk UKM lokal mendapatkan tempat di tengah ketatnya persaingan pasar saat ini," katanya.

Pola pameran kerajinan dan produk UKM, ujarnya, dalam waktu dekat pihaknya juga akan ikut dalam kegiatan Babel Expo yang akan digelar di Pangkalpinang, pada3 hingga 6 November 2016.

Dia mengatakan, saat ini sudah menyiapkan berbagai produk unggulan karya UKM lokal untuk mengikuti ajang bergengsi regional tersebut.

"Karya perajin batik pemula yang ikut pelatihan batik beberapa hari lalu juga akan kami ikut sertakan karena karya-karya mereka cukup bagus dan perlu mendapatkan apresiasi," katanya.

Ia mengaku cukup puas dengan adanya pelatihan batik selama empat hgari mulai 24 Oktober 2016 yang diselenggarakan Disperindagkop setempat karena hasil karyanya cukup bagus dan relatif baru di Babel.

Ia berharap para peserta terus meningkatkan keterampilannya dan tidak takut untuk terus mencoba agar kualitas produk semakin baik dan berdaya saing tinggi di pasaran.

"Kami optimistis jika digeluti sungguh-sungguh usaha tersebut akan berhasil karena peluang pasar masih terbuka cukup lebar di wilayah Babel," kata dia.

Ia berjanji akan terus menggiatkan pelatihan keterampilan usaha kecil dan menengah agar usaha yang tumbuh semakin beragam, tidak hanya untuk tingkat pemula tapi untuk tingkat lanjutan dan terampil.

Ia berpesan agar para perajin di daerah itu terus berkreasi guna mengembangkan kemampuan karena potensi yang dimiliki cukup besar, baik dari sisi sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.

"Terus berani berkarya, berkreasi dan percaya diri agar mampu mengejar ketertinggalan dan bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016