Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edison Taher mengatakan derajat pendidikan di kota itu kini memiliki persentase yang cukup bagus bahkan sudah melampai angka rata-rata nasional.

"Pendidikan di Pangkalpinang mendapatkan persentase yang sangat membanggakan karena berada di atas rata-rata nasional. Saat ini sekolah di Pangkalpinang sudah hampir 90 persen mendapatkan akreditasi baik di tingkat SMA dan SMK maupun SMP," katanya di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menyebutkan, pihaknya akan terus mendorong agar sekolah-sekolah di daerah itu pada 2018 mencapai akreditasi A sekitar 60 persen dan bila perlu mencapai 80 persen.

"Tapi dengan kondisi sekarang akreditasi sekolah kita sudah jauh di atas rata-rata nasional, misalnya target nasional untuk SD yang terakreditasi A dan B sebesar 40 persen, sedangkan kita sudah 90 persen, begitu juga dengan SMP, SMA dan SMK. Makanya kami terus mendorong hal ini agar pendidikan kita menjadi lebih baik," katanya.

Menurut Edison, prestasi pendidikan Kota Pangkalpinang saat ini sudah sejajar dengan sekolah di Pulau Jawa, di mana sudah menempati peringkat dua nasional.

"Untuk itu guru-guru di Pangkalpinang juga saat ini sudah mendapatkan sertifikasi hampir 80 persen di semua jenjang mulai dari SD hingga SMA," ujarnya.

Selain itu, sekolah-sekolah di kota itu juga sudah banyak yang mendapatkan penghargaan di tingkat nasional, salah satu contohnya SDN 12 dan SMAN 2 yang mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan.

"Dua sekolah ini mendapat penghargaan Adiwiyata sebagai sekolah yang mencetak individu yang peduli lingkungan selama dua tahun berturut-turut," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016