Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung meminta masyarakat turut bersama-sama menjaga pelaksanaan pilkada di wilayah itu agar berjalan sukses, aman dan lancar.

"Untuk mencapai kondisi tersebut diperlukan kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk menghormati hak politik sesama warga dengan senantiasa menampilkan sikap dan perilaku yang santun dalam berdemokrasi," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut dia, potensi kerawanan yang timbul sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat harus dikelola dengan baik agar tidak berkembang menjadi gangguan kamtibmas yang serta dapat merusak pelaksanaan pilkada.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengikuti pilkada secara damai dan demokratis dengan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani tanpa ada tekanan dari kelompok-kelompok yang mempunyai kepentingan.

"Masyarakat juga jangan mudah terprovokasi isu atau hasutan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, gunakan hak suara anda dengan cerdas," ujarnya.

Dikatakannya, situasi aman bukan hanya karena ada yang menjaga dan mengawasi, namun juga karena terpadunya sebuah sistem dan manajemen beserta komponen pendukungnya.

"Apabila masyarakat mengetahui ada personel Polri dan PNS di lingkungan Polri yang tidak netral dalam pemilu dan dapat dibuktikan secara hukum, maka segera melaporkan ke Polda Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017