Koba (Antara Babel) - Petani tanaman lada di Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta menggunakan bibit unggul untuk meningkatkan produksi.

"Penggunakan bibit harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang baik, maka kami sarankan petani gunakan bibit unggul," kata Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Widodo di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan pemerintah daerah akan menyediakan lahan pembibitan lada unggul yang bersertifikasi di Desa Namang untuk memudahkan petani mendapatkan bibit unggul.

"Petani nanti diberikan bantuan bibit unggul dan dibina terutama terkait cara serta pola tanam yang baik untuk meningkatkan produksi," ujarnya.

Ia mengatakan kondisi tanah di Pulau Bangka sangat bagus untuk berkebun lada namun harus didukung oleh bibit yang bagus dan pola tanam yang baik.

"Selama ini masih banyak petani menanam bibit lada tanpa memperhatikan kualitas dan pola tanam yang buruk sehingga hasilnya jauh dari harapan," ujarnya.

Ia mengatakan tanaman lada di Bangka Tengah masih memiliki prospek yang bagus kendati mayoritas masyarakat bekerja menambang bijih timah.

"Lada masih menjanjikan, harganya juga masih menggembirakan dan sekarang tinggal lagi kemauan serta ketekunan masyarakat untuk bertani," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017