Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan bantuan bibit cabai unggul untuk disalurkan kepada kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di seluruh desa.

"Sebanyak 100 bibit cabai unggul sudah disiapkan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, nantinya akan disalurkan ke seluruh kelompok PKK tingkat desa untuk dikembangkan di pekarangan warga," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat, Anissa Parhan Ali di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, penyediaan bantuan bibit tersebut diharapkan mampu menggerakkan kegiatan PKK di tingkat desa sekaligus meningkatkan budaya menanam bagi anggota organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita tersebut.

Hal ini disampaikan Anissa Parhan Ali saat meresmikan kegiatan Gerakan Nasional Taman Cabai (Gertam Cabai) di pekarangan yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Desa Airbelo, Kecamatan Muntok.

"Kegiatan ini kami harapkan mampu menginspirasi dan memotivasi bagi seluruh masyarakat khususnya ibu-ibu di Kabupaten Bangka Barat untuk mengoptimalkan lahan pekarangan di lingkungan rumah masing-masing," kata dia.

Bantuan untuk setiap PKK desa yang akan dibagikan diharapkan dapat ditanam di pekarangan rumah masing-masing untuk melanjutkan peluncuran gerakan nasional tersebut.

"Jadi melalui kegiatan ini kami berharap bukan sekedar seremonial belaka, tapi ada kelanjutannya karena program ini sangat membantu masyarakat dan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan memberikan dampak peningkatan ekonomi keluarga," kata dia.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Barat, Rozali mengharapkan melalui gerakan itu para ibu rumah tangga mulai menanam antara 10 hingga 20 batang cabai di pekarangan rumah.

"Program itu juga sebagai salah satu solusi penyediaan cabai berkelanjutan di tingkat rumah tangga," kata dia.

Menurut dia, pola yang dikembangkan akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan keluarga seiring masih tingginya harga berbagai kebutuhan dapur di daerah kepulauan itu.

"Kami optimistis ke depan akan semakin banyak produksi cabai lokal dan tentunya akan mengurangi pengeluaran rumah tangga," katanya.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat secara simbolis menanam pohon cabai, didampingi Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Ketua DWP Kabupaten Bangka Barat, Persit Koramil Muntok, Bayangkari Polres Bangka Barat dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat.

Usai penanaman simbolis dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan sekaligus penyerahan bibit cabai secara simbolis.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017