Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 300 tamatan SMA/SMK dan sederajat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh beasiswa kuliah dan magang kerja di universitas serta perusahaan Taiwan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Pemprov menjalin kerja sama dengan empat universitas dan satu perusahaan di Taiwan agar putra-putri daerah ini dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan usai menghadiri penandatanganan MoU antara Pemprov Kepulauan Babel dengan Taiwan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan, Pemprov Babel memfasilitasi putra-putri daerah mengikuti kuliah dan magang kerja di Taiwan. Beasiswa ini murni diberikan oleh universitas yang ada di Taiwan.

"Program ini sangat baik bagi masa depan anak. Dalam empat tahun, anak-anak bukan hanya kuliah, tapi langsung magang kerja di perusahaan Taiwan," ujarnya.

Menurut Erzaldi, pada tahap awal sudah ada 66 siswa yang mendaftar untuk kuliah dan magang kerja di Taiwan. Masih banyak kesempatan untuk putra-putri yang berminat menerima beasiswa ini.

"Ini kesempatan baik untuk putra-putri memperoleh pendidikan dan lapangan kerja yang baik. Orang tua kita harap mendukungnya agar generasi muda daerah ini memiliki kompetensi yang unggul," ujarnya.

Perwakilan dari Universitas Taiwan, Lie Tjhia Sue mengatakan program beasiswa dan magang kerja ini sebagai wujud kepedulian Taiwan terhadap generasi muda Indonesia.

Ada empat universitas yakni Universitas Me Ho, Universitas Hsing Wu, Universitas Chia Nan, dan Universias Far East serta satu perusahaan Hong FU Internasional company yang mendukung beasiswa ini.

"Apabila program ini berhasil akan terus berlanjut. Tidak hanya di jenjang S1 saja, bisa S2 hingga doktor," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017