Toboali (Antara Babel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar seminar untuk menetapkan hari jadi Kota Toboali untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengisi pembangunan di daerah itu.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan yang telah dilaksanakan pada 2016 lalu dengan melibatkan unsur masyarakat dan sejarawan," kata Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Narwanto di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan sejarah  Kota Toboali tidak dapat dipisahkan dari perjalanan Laksamana Cheng Ho serta cerita mengenai Raden Ali yang melegenda.

"Selain itu juga ada peranan kesultanan Palembang Darussalam yang meletakkan pengaruhnya terhadap perkembangan kota-kota yang ada di Pulau Bangka," katanya.

Narwanto mengatakan penelusuran hari jadi Kota Toboali bisa bermula dari mana saja dengan catatan tidak terlepas dari fakta ilmiah dan akademis yang dapat di pertanggungjawabkan.

"Kajian ilmiah mengenai asal usul dan sejarah Kota Toboali sudah mengunakan pendekatan kesejarahan, letak geografis dan penggunaan asal mula nama," ujarnya.

Menurut dia dengan dilaksanakannya kegiatan itu timbul hal menarik yaitu pelajaran sejarah semakin digemari, sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat di daerah ini.

Ia berharap kegiatan itu dapat menjadi tujuan yang baik bagi pemerintah daerah dan masyarakat kota Toboali secara kepastian hukum sehingga meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengisi pembangunan.

"Semoga setelah ditetapkan hari jadi ini kita semua diharapkan dapat melaksanakan peringatan setiap tahun dengan berbagai 'event' atau kegiatan," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017