Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Pangan Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil panen cabai dari lingkungan kantor yang beberapa bulan lalu ditanam.

Kepala Dinas Pangan, Suhodo di Sungailiat, Senin, mengatakan, cabai yang berhasil ditanam oleh pihaknya sebagai upaya memanfaatkan lahan kosong di lingkungan kantor dan membantu kebutuhan cabai bagi pegawainya.

"Meskipun dengan jumlah terbatas, namun sudah kami rasakan manfaat penanaman tanaman di lingkungan kantor yang masih banyak kosong," ujarnya.

Ia mengatakan, lingkungan halaman kantor yang masih kosong dapat dimanfaatkan untuk menanam sejumlah tanaman produktif seperti, sayur mayur, jagung, cabai dan sejenis tanaman yang bermanfaat lainnya.

"Saya mengajak teman teman diseluruh instansi agar dapat mengelola dan memanfaatkan lahan kosong disekitar kantor untuk ditanami tanaman bermanfaat," katanya.    

Menurut dia, pemerintah Kabupaten Bangka cukup serius mengembangkan program ketahanan pangan dengan mengajak seluruh masyarakat dapat mendukungnya termasuk bersedia mengelola lahan yang masih tersedia.

"Jangan biarkan lahan kosong di lingkungan kantor maupun rumah, karena dapat dimanfaatkan dengan ditanami tanaman yang bermanfaat meskipun jumlah panen tidak banyak," katanya.

Dia optimistis dengan pemanfaatan lahan kosong dapat memberikan kontribusi penambangan pendapatan bagi keluarga.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017