Pangkalpinang (Antara) - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba cipta menu pangan "Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman" (B2SA) untuk mempromosikan aneka produk olahan pangan sehat khas daerah itu.

"Kami berharap lomba cipta pangan ini dapat meningkatkan kerajinan dan kreatifitas ibu rumah tangga dalam menyusun menu pangan keluarga yang menyehatkan," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Damiri di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan lomba diikuti oleh Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Pangan Lestari se-Kepulauan Bangka Belitung dan semua peserta menunjukkan kreatifitasnya menyajikan satu menu pangan yang sehat dan bergizi.

"Peserta dituntut menyajikan menu pangan dengan rasa dan kreativitas masing-masing. Siapa yang beruntung menjadi pemenang akan kita ikut sertakan dalam lomba tingkat nasional," ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengatakan perlombaan ini bukan menunjukkan siapa yang menang, namun bagaimana menciptakan menu makan keluarga yang bergizi.

"Di sini kita berinovasi menciptakan menu pangan yang sehat dan bergizi. Bukan hanya berbicara tentang menu saja, tapi kita juga mempersiapkan diri bersaing di tingkat nasional," ujarnya.  

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menambahkan, perlombaan ini sudah sering dilakukan, namun implementasinya belum maksimal.

"Lomba ini sering kita laksanakan, namun implementasinya belum. Kita harap ini menjadi kesempatan bagi kita jika tamu-tamu datang, menu-menu inilah yang akan kita sajikan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017