Sungailiat  (Antaranews Babel) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan titik pantauan penilaian Piala Adipura tahap dua yang akan dilaksanakan pada Maret 2018.

"Tahap pertama kita mendapat nilai tertinggi se-Babel. Penilaian dilaksanakan tim pusat pada Januari lalu," ujar Kepala DLH Bangka, Meina Lina di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, berdasarkan penilaian tahap satu kepedulian masyarakat terhadap sampah dinilai sudah cukup bagus sehingga hal ini harus tetap dipertahankan.

Hal yang paling utama masyarakat tidak boleh lagi membakar sampah sembarangan, karena pembakaran sampah merupakan penilaian terburuk dalam kegiatan Adipura.

"Membakar sampah itu nilainya paling buruk, yakni 30 atau 50, itu sangat jelek. Kita sudah peringatkan berulang kali," jelasnya.

Meina menambahkan penilaian terbaiknya oleh pusat di Bangka ada di wilayah pasar dan pantai. Penilaian kebersihan dan kepedulian warga terhadap sampah di lokasi ini pada tahap peratama terbaik di wilayah regional.

"Pasar Kite dan Pantai Tanjung Pesona jadi percontohan di tingkat regional. Hal ini harus bisa kita pertahankan dan tingkatkan, supaya penilaian tahap dua nilainya tetap bagus," katanya.

Ia mengharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sampah semakin tinggi, supaya Piala Adipura bisa dipertahankan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018