Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi daerah untuk memperkuat program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah itu.

"Melalui rakorda ini kita sinkronkan arah kebijakan dan pengembangan kegiatan prioritas program KKBPK," kata Deputi Pelatihan dan Pengembangan BKKBN, M Rizal Martua Damanik di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menyebutkan, program KKBPK harus terintegrasi dan sinergis dengan program prioritas pembangunan di daerah. Pada era desentralisasi, dukungan dan komitmen pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota terhadap program KKBPK mutlak diperlukan.

"Kami terus berupaya melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Mari kita perkuat sinergisitas lintas sektor antara provinsi dan OPD, serta dengan segenap pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam pelaksanaan program KKBPK," ujarnya.

Rizal Martua menambahkan, BKKBN juga harus lebih fokus pada upaya menurunkan angka kelahiran. Hal ini penting dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mewujudkan keluarga berkualitas guna meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

"Upaya dimaksud dilakukan melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB, terutama di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Peningkatan ketahanan keluarga, termasuk ketahanan remaja dan pengendalian penduduk," ujarnya.
 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018