Sungailiat (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan tahun ini seluruh desa di daerah itu sudah memiliki badan usaha milik desa (BUMDes).

"Di Bangka ada 62 desa, dimana masih ada 14 yang belum memiliki BUMDes. Ditargetkan Agustus nanti seluruhnya sudah memilikinya," ujar Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka, Arman Agus di Sungailiat, Minggu.

Ia menyebutkan, 48 BUMDes yang saat ini sudah terbentuk bergerak di berbagai bidang usaha dan diharapkan dapat membantu upaya meningkatkan perekonomian desa.

"Badan usaha milik desa diharapkan dapat menghidupkan kegiatan perekonomian masyarakat yang akhirnya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa," ujarnya.

Arman mengatakan tahun ini Gubernur Kepulauan Babel juga akan menyediakan anggaran sebesar Rp100 juta untuk mengembangkan BUMDes di setiap desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Akhmad Mukhsin mengatakan sudah menjadi komitmen pemerintah daerah agar seluruh desa sudah memiliki BUMDes tahun ini.

"Kita harapkan segera terbentuk di sisa 14 desa lagi," ujarnya.

Ia juga berharap pemerintah desa segera bermusyarawah untuk membentuk BUMDes mengingat setiap desa memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018