Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera meralisasikan bantuan sebanyak lima unit kapal kepada kelompok nelayan.

"Lima unit kapal kapasitas 15PK sudah disiapkan, kami targetkan paling lambat pada akhir Oktober 2018 sudah diserahkan kepada kelompok nelayan penerima," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Yopie Mardiana, di Muntok, Selasa.

Sebanyak lima unit kapal berukuran dua gross tonage yang terbuat dari fiber tersebut akan diserahkan lengkap dengan perlengkapannya, seperti mesin tempel, jaring ikan, dan kotak penyimpanan ikan.

"Lima kelompok calon penerima bantuan sudah kami verifikasi, nantinya akan menerima masing-masing satu paket," ujarnya.

Ia menambahkan lima kelompok nelayan berbadan hukum yang akan menerima bantuan kapal itu berasal dari Kecamatan Muntok dan Simpangteritip.

Bantuan tersebut merupakan salah satu upaya nyata dari pemerintah kabupaten setempat dalam membina dan memotivasi para anggota kelompok nelayan untuk menekuni profesinya.

"Daerah ini berada di wilayah kepulauan, kami berharap bantuan bisa memberikan semangat tersendiri bagi para nelayan untuk bekerja lebih giat agar mampu meningkatkan produksinya sehingga lebih sejahtera," katanya.

Ia berharap, bantuan dimanfaatkan dan tidak dipindahtangankan sehingga benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018