Koba (Antaranews Babel) - Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan formasi calon aparatur sipil negara(ASN0 khusus untuk para penyandang disabilitas.

"Dari 270 formasi penerimaan CASN untuk Bangka Tengah, maka sebanyak tiga orang disediakan formasi khusus untuk para penyandang cacat atau disabilitas," kata Kepala BKD Kabupaten Bangka Tengah, Wahyu Nurrakhman, di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, membuka formasi khusus untuk disabilitas memang menjadi aturan dari Kemenpenrb bahwa satu persen dari total kuota penerimaan CASN adalah untuk formasi disabilitas.

"Kuota yang diberikan kepada Bangka Tengah sebanyak 270, maka satu persen dari total jumlah yang ada, maka dibuka penerimaan untuk disabilitas sebanyak tiga orang," katanya.

Ia menyatakan, pendaftaran CASN untuk disabilitas bukan jalur khusus melainkan formasi khusus untuk para penyandang cacat secara fisik.

"Jadi nanti jangan salah persepsi, bukan jalur khusus untuk para disabilitas melainkan formasi khusus yang disediakan untuk bisa bersaing sesama mereka dalam tes CASN nanti," katanya.

Ia mengatakan, persyaratan untuk formasi khusus disabilitas sama dengan formasi umum, namun yang membedakannya adalah soal ujian.

"Persyaratannya sama, hanya saja ujiannya tidak digabung dengan formasi umum, melainkan hanya sesama mereka," katanya.

Selain formasi khusus disabilitas, juga disediakan formasi khusus untuk pelamar yang tercatat meraih nilai akademik tertinggi atau "cumlaude".

"Kami membuka formasi khusus untuk mereka cumlaude sebanyak satu orang yang juga bersaing sesama mereka. Namun demikian, mereka juga bisa mengikuti CASN melalui formasi umum," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018