Sungailiat, Bangka (Antaranews Babel) - Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menyalurkan sembilan kapal berkapasitas di bawah tiga gross ton (GT) kepada beberapa kelompok nelayan.

"Kami menjadwalkan bulan ini bantuan tersebut disalurkan kepada kelompok nelayan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil  Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat, di Sungailiat, Senin.

Pihaknya sedang mengurus kelengkapan dokumen administasi seperti pas kecil kapal nelayan, dan memverifikasi kelompok yang berhak mendapatkan bantuan itu.

"Kami masih melakukan verikasi sebelum kapal tersebut disalurkan kepada kelompok nelayan supaya benar-benar tepat sasaran," jelasnya.

Dijelaskan, pengadaan kapal bantuan untuk nelayan dengan spesifikasi fiber tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

"Saya berharap,  kapal itu nantinya dapat membantu nelayan penerima dalam meningkatkan kesejahteraan masing-masing keluarga," katanya.

Sebagaimana ketentuannya, bantuan kapal atau alat tangkap nelayan disalurkan bagi nelayan yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan terlebih dahulu kelompok nelayan itu membuat pengusulan bantuan ke pemerintah.

"Penyaluran bantuan kapal atau alat tangkap bagi kelompok nelayan disesuaikan dengan kemampuan jumlah anggaran yang tersedia," ujarnya.

Menurutnya, kapal bantuan yang akan disalurkan dilengkapi dengan alat tangkap jaring dengan panjang dan jenis yang disesuaikan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018