Sungailiat,Babel (Antaranews Babel) - Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pembinaan secara berkala kepada dua unit koperasi nelayan didaerah itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat di Sungailiat, Senin, mengatakan pihaknya secara berkala melakukan pembinaan dua unit koperasi nelayan tersebut agar berkembang maksimal memperkuat usahanya.

"Dua unit koperasi yang tercatat masing-masing di Lingkungan Parit Pekir Kecamatan Sungailiat dan di Kecamatan Pemali," jelasnya.

Dikatakan, untuk koperasi di Parit Pekir Sungailiat, keanggotaan lembaga usaha tersebut terdiri dari masyarakat pesisir dan nelayan, sedangkan koperasi di Kecamatan Pemali beranggotakan masyarakat pembudidaya ikan.

"Secara administrasi kedua unit koperasi itu sudah berjalan selama empat tahun dan dianggap rutin melakukan kegiatan rapat anggota tahunan," jelasnya.

Dia berharap, koperasi yang sudah terbentuk tersebut dapat memotivasi masyarakat pelaku usaha perikanan lainnya agar melakukan hal yang sama.

"Sampai saat ini, kedua koperasi itu masih mengembangkan usaha simpan pinjam dilingkungan anggotanya," jelasnya.

Menurutnya, lembaga usaha koperasi perikanan sebagai wadah bagi pelaku usaha perikanan tangkap dan budidaya untuk mengembangkan ekonomi secara terpadu anggota koperasi itu sehingga mampu membantu meningkatkan taraf perekonomonian.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018