Pangkalpinang, (Antara Babel) - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penguatan kelembagaan baik internal maupun eksternal.

"Peningkatan layanan juga bisa dilakukan dengan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat serta meningkatkan kinerja para pegawai supaya dapat memberikan mutu pelayan yang lebih," kata Kepala Dinsosnaker Kota Pangkalpinang, Mikron Antariksa, Rabu.

Menurutnya, peningkatakan mutu pelayanan bersinggungan dengan anggaran, sedangkan selama ini anggaran dinas itu kebanyakan berasal dari pusat sehingga perlu meningkatkan kerja sama dengan Kementerian Sosial supaya peningkatan pelayanan dapat tercapai secara maksimal.

"Saya akan berusaha mengumpulkan data-data mengenai infrastruktur, masyarakat dan data pencarian penelusuran dana-dana yang ada di pusat dengan cara melakukan pemetaan, sehingga data-data tersebut dapat digunakan," ujarnya.

Ia menilai, selama ini partispasi aktif masyarakat di Dinsosnaker hanya masyarakat yang kurang beruntung. Untuk itu ke depannya, Dinsosnaker tidak akan menganggap partisipasi aktif masyarakat sebagai objek, tetapi sebagai subjek.

"Untuk ke depannya orang-orang susah ini tidak akan menjadi alasan pemerintah untuk mencari dana yang bisa menyebabkan jumlah penduduk miskin melonjak, sehingga pemerintah terkesan memanjakan orang-orang yang memiliki potensi yang seharusnya bisa memenuhi kebutuhan pokok mereka masing-masing," katanya.

Ia mengaku akan berusaha menjalin kerja sama dengan Kementerian Sosial, sehingga dana-dana yang ada di pusat bisa terus mengalir ke Kota Pangkalpinang.

"Diusahakan semuanya akan berjalan sesuai dengan kondisi Pangkalpinang saat ini. Jika itu memang sudah menjadi kebutuhan akan terus saya kejar sampai dapat guna membangun Kota Pangkalpinang," katanya

Pewarta: Pewarta: TryMustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014