Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba pidato tingkat SMP se-Kota Pangkalpinang di halaman kantor Kejari setempat, Rabu.

Kajari Pangkalpinang, RM Ari Prioagung, mengatakan kegiatan lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari anti korupsi internasonal yang jatu pada 9 Desember.

"Lomba ini diikuti sebanyak 12 peserta katagori guru dan 17 peserta siswa. Kegiatan ini merupakan salah satu program Kejari Pangkalpinang sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap korupsi," katanya.

Ia mengatakan, pencegahan lebih penting dari pada penindakan terhadap para pelaku korupsi, karena jika telah terjadi tindakkan korupsi masyarakat tidak bisa merasakan pembangunan.

Selain itu kata Dia, melakukan penindakan terhadap para pelaku korupsi dan menghukum para pelaku negara membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Pencegahan korupsi sejak dini di lingkungan sekolah sangat penting, agar anak-anak bisa tahu dampak dari korupsi, karena korupsi ini dapat merugikan diri sendiri, orang tua, masyarakat dan negara. Untuk itu pencegahan ini sangat penting, agar pembangunan di daerah kita dapat dirasakan oleh masyarakat," ujarnya. 

Ia berharap dengan diadakannya lomba pidato ini, para guru dapat menularkan kepada anak-anak didiknya di lingkungan sekolah dan bagi peserta siswa dapat menularkan kepada teman-temannya tentang apa itu korupsi dan dampak dari perbuatan korupsi itu.

"Mudahan-mudahan dengan lomba ini bisa ditularkan kepada murid dan teman-teman lain di lingkungan sekolah. Mari kita budayakan pencegahan korupsi sejak dini, karena anak-anak ini adalah calon penerus bangsa," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018