Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tercatat sampai 2018 sebanyak 820 usaha yang tersebar di delapan kecamatan.

"Sampai dengan sekarang jumlah pelaku UKM yang tersebar di delapan kecamatan mencapai 820 usaha," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindag dan UMKM Kabupaten Bangka Thony Marza di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, berbagai jenis usaha yang dilakukan oleh para pelaku UKM mulai dari usaha kuliner maupun sektor potensial yang diterima oleh pasar.

Dalam mengembangkan UKM, pihaknya mendorong pelaku usaha untuk dapat mengutamakan pada sektor potensial sehingga mudah dan berkelanjutan diterima oleh konsumen.

"Sektor potensial yakni memfokuskan dengan memaksimalkan produk hasil UKM yang berkelanjutan meskipun dengan jumlah terbatas," jelasnya.

Dia mengatakan, pelaku UKM yang saat ini mencapai 820 usaha diperkirakan akan semakin bertambah setiap tahunnya karena disesuaikan dengan pertambahan jumlah penduduk.

"Saya sarankan masyarakat yang hendak mulai mengembangkan UKM hendaknya dapat memilih produk usaha yang dapat diterima oleh konsumen secara terus menerus," katanya.

Pihaknya akan memberikan pembinaan dan pendampingan bagi pelaku UKM di daerahnya agar dapat mempertahankan dan mengembangkan usaha.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018