Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan piala Adipura ke 10 yang diterima sebagai motivasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kebersihan.

"Piala Adipura hasil kerja keras yang didominasi oleh petugas kebersihan atau dikenal pasukan kuning dan masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, Kota Sungailiat juga meraih Sertifikat Adipura dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut dia, Kota Sungailiat sebelumnya pernah meraih piala Adipura yakni pada tahun 1997, 2005, 2006, 2007, 2008, 2010, 2013, 2017 dan 2018 termasuk Adipura Kencana.

"Piala Adipura sebagai penghargaan bagi Kabupaten Bangka khususnya Kota Sungailiat dalam pengelolaan lingkungan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bangka mengimbau kepada dinas terkait, petugas kebersihan dan masyarakat umum lainnya, supaya Adipura bisa dipahami bukan sebagai hasil pengelolaan kebersihan saja, tapi bagaimana soal penghijauan, pengelolaan sampah dan sebagainya.

Ditambahkannya, penghargaan ini diharapkan sebagai pemicu masyarakat untuk menjaga lingkungan, agar Adipura tetap dipertahankan.

"Segenap elemen di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka dan petugas kebersihan diminta tidak berpuas diri dan harus bekerja keras untuk meraih Adipura berikutnya," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019