Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Riau Silip, IPTU Irwan mengajak masyarakat di wilayah hukumnya meningkatkan keamanan dan ketertiban.

"Saya mengajak seluruh masyarakat sampai tingkat desa untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar lingkungan tetap kondusif," katanya di Sungailiat, Selasa.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh masyarakat kata dia, menjaga kebersamaan antar warga.

"Masyarakat harus mengutamakan kebersamaan antar warga lainnya, menanamkan persatuan jangan mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan setempat sampai ke pemerintah desa agar terwujud keamanan dan ketertiban sehingga terselenggaranya pembangunan daerah seperti yang diharapkan.

"Saya minta seluruh warga jika ada suatu masalah hendaknya dimusyarawahkan dengan baik dan saling menghargai pendapat orang lain," katanya.

Perkembangan teknologi yang begitu pesan menurutnya, selain memberikan dampak positif terhadap informasi, namun juga dapat memberikan dampak yang kurang baik jika tidak dipergunakan dengan bijak.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk tokoh pemuda mulai dari tingkat kecamatan sampai pelosok dengan tujuan membangun komitmen kebersamaan," katanya.

Diimbau seluruh perangkat desa, untuk mendata warga pendatang di masing-masing desa, data bagi warga pendatang cukup perlu dilakukan selain dipergunakan sebagai data administrasi kependudukan juga diperlukan untuk mengantisipasi tindak pelanggaran.

"Ketua RT atau kepala dusun harus mendata jika ada warga pendatang yang tinggal di wilayahnya, data bagi warga pendatang dapat disampaikan ke pemerintah diatasnya seperti ke kepala desa dan pihak kecamatan," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019