Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan scaning simulasi hitung (situng) formulir C1 Pemilu 2019.

"Simulasi ini untuk mengetahui adanya kendala atau tidak dalam kegiatan scaning C1 melalui mesin menjelang persiapan pencoblosan," kata anggota KPU Bangka Tengah, Marhaendra Yuliansyah di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, scaning menggunakan empat mesin tersebut ujicoba sebanyak 20 persen atau 120 TPS dari 477 lebih TPS yang tersebar pada enam kecamatan di daerah itu.

"Simulasi ini merupakan ujicoba scan C1 sebanyak 20 persen atau 120 TPS dari total TPS yang ada di enam kecamatan di Bangka Tengah," ujarnya.

Ia mengatakan, pada hari pencoblosan disiapkan ruang khusus scanner C1 termasuk operator, verifikator, koordinator, dan tenaga pendukung operator. Password dipegang oleh operator masing-masing.

"Hasil scan C1 itu langsung terkoneksi ke server KPU RI. Bahkan mereka langsung memantau hasilnya C1 itu yang diambil dari TPS," ujarnya.

Ia mengatakan, lampiran C1 di TPS diambil dan kemudian discaning dan salinan C1 juga ditempel di TPS masing-masing supaya masyarakat bisa memonitor secara langsung.

"Intinya ini bentuk transparansi dan keterbukaan pihak KPU dalam melaksanakan pemilu serentak pada 17 April 2019," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019