Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat jangan takut untuk mengkonsumsi ikan paska ditemukannya  cacing didalam tubuh beberapa jenis ikan.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Sabtu mengatakan saat ini pihaknya telah mengambil sampel cacing yang ada ditubuh beberapa jenis ikan untuk dilakukan uji di laboratorium.

"Saat ini sampel cacingnya sudah kami ambil dan diajukan untuk uji laboratorium guna mengetahui jenis cacing dan bahayanya bagi manusia yang mengkonsumsi ikan tersebut," katanya.

Menurut dia, fenomena penemuan cacing pada ikan tersebut bukanlah kali pertama terjadi. Sebelumnya juga, sudah sering ditemukan hal serupa pada beberapa jenis ikan.

"Sementara dugaan kami penyebab fenomena ini merupakan siklus di laut mengalami perubahan, jadi menyebabkan adanya cacing pada beberapa jenis ikan, tetapi biasanya hanya pada waktu tertentu saja dan setelah itu akan kembali seperti biasa," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan himbauan agar masyarakat jangan resah dan takut untuk mengkonsumsi ikan.

"Kami telah mengeluarkan surat edaran agar masyarakat jangan takut untuk mengkonsumsi ikan, asalkan proses pembersihan dan memasak dilakukan dengan benar," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019