Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan mendampingi Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meninjau Puskesmas Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok.

Kepala DKPPKB Bangka Selatan, Supriyadi di Toboali, Selasa mengatakan kedatangan tim akreditasi yakni untuk memberi penilaian pada puskesmas tingkat pertama dalam proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan perwakilan di Provinsi Bangka Belitung terhadap Puskesmas di Tanjung Labu.

"Yang menjadi fokus penilaian di Puskesmas ini yakni melihat apakah sistem manajemen mutu dan penyelenggaraan pelayanan serta upaya pokok berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan," kata dia.

Ia mengatakan penilaian ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan Puskesmas agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Tujuan umum dari akreditasi Puskesmas adalah meningkatkan mutu layanan Puskesmas tujuan khususnya antara lain, memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan dan menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan," katanya.

Selain itu, lanjut dia dapat memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan.

"Melalui hal ini kami harap pelanggan/masyarakat mendapatkan pelayanan yang diberikan oleh puskesmas sesuai standar sehingga terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja," katanya.

Menurut dia, dengan adanya akreditasi ini, diharapkan dapat memberikan rating atau grade pada puskesmas itu sendiri dan menjadi tujuan utama masyarakat dalam pelayanan kesehatan di daerah Lepar Pongok maupun Tanjung Labu.

"Semoga dengan adanya akreditasi ini akan membuat kelas luskesmas sendiri menjadi naik pamor. Bukan karena peralatannya saja, melainkan juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan pelanggannya," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019