Satuan Tugas Laskar Bersih Dari Sampah (Satgas Lebah) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi penumpukan sampah saat lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di daerah itu.

"Kami sudah siaga dari kemarin dengan penambahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) bergerak dan mobil truk patroli sampah," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto di Tanjung Pandan, Rabu.

DLH Belitung, kata dia, menyiapkan sebanyak dua unit mobil patroli pengangkut sampah, menambah jumlah TPS bergerak dan kontainer sampah di kawasan pasar Tanjung Pandan serta menambah dua tim khusus satgas laskar bersih dari sampah.

"Mobil pengangkut sampah tersebut akan melakukan patroli di seluruh wilayah Tanjung Pandan dan titik- titik lokasi potensi penimbunan sampah," katanya.

Menurut dia, volume sampah di daerah itu terus meningkat sejak memasuki akhir Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, sehingga perlu diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan.

"Volume sampah 20 - 25 ton pada hari biasa dan saat ini meningkat mencapai 50 ton sedangkan pada hari raya Idul Fitri kami perkirakan bisa mencapai 100 ton," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat di daerah itu untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya.

"Kemudian memilah sampah sebelum dibuang dan manfaatkan TPS sementara yang ada di beberapa tempat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019