Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung kegiatan pengumpulan data persepsi dan observasi Indeks Tata Kelola (ITK) guna mewujudkan Polri yang mandiri.

"Kami mendukung penuh kegiatan ITK selain menjadi Polri yang mandiri juga mewujudkan Polri profesional, modern, humanis dan anti-KKN," kata Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat membuka kegiatan observasi tata kelola Polri di Polres Bangka, Rabu.

Dia menyakini, seluruh jajaran di Polres Bangka sudah menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal, profesional dan bebas KKN dalam hal pelayanan kepada masyarakat.
   
"Saya dapat menggambarkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Bangka cukup kondusif," jelasnya.

Keberhasilan menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat tersebut kata wakil bupati, karenanya terbangunnya hubungan sinergitas yang baik antara Polres Bangka dengan pemerintah daerah.

Wabup menilai dalam sasaran reformasi birokrasi yang meliputi pemerintahan yang bersih, akuntabel, efektif dan efisien serta peningkatan pelayanan publik yang berkualitas dilakukan penguatan tata kelola Polri.

Sementara Kepala Sub Kajian Reformasi Birokrasi Mabes Polri AKBP Jumadi mengatakan, Polres Bangka mewakili Polda Bangka Belitung ditunjuk untuk kegiatan observasi tata kelola.

Sebelumnya kata AKBP Jumadi, tahun 2014 Kapolri Jenderal Pol  Tito Karnavian menunjuk salah satu kemitraan untuk melakukan penilaian tentang tata kelola di lingkungan Polri.

"Tahun 2015 mulai dilakukan penilaian tata kelola Polri terhadap 33 Polda di Indonesia, kemudian 2016 dilakukan penilaian terhadap 70 Polres dengan berbagai tipe," jelasnya.

Indeks Tata Kelola (ITK) merupakan suatu alat untuk mengukur kinerja Polri termasuk capaian kerja yang sudah berhasil di lakukan melalui penilaian eksternal atau dari masyarakat.

"Indikator yang ingin dicapai dari ITK salah satunya aparatur yang bersih dari KKN, pelayanan publik berkualitas serta kapasitas dan akuntabilitas birokrasi yang terukur," jelasnya.

Baca juga: Bupati Bangka, Mulkan tinjau sekolah peserta lomba UKS (Video)
Baca juga: Bupati Bangka, Mulkan targetkan OPD serap DID 70 persen
Baca juga: Myanmar belajar sistem desentralisasi dan otonomi daerah Babel


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019