Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 534 hewan kurban yang bisa dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

"Kami mencatat sampai saat ini ada sebanyak 534 hewan kurban yang tersedia di beberapa peternak dan semuanya layak dipotong saat Hari Raya Idul Adha," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak 534 hewan kurban itu terdiri dari 266 ekor sapi dan 268 ekor kambing yang tersedia di beberapa kecamatan, seperti Tukak Sadai, Pulau Besar, Payung, dan terbesar di Toboali.

"Pengawasan terhadap hewan kurban yang dijual masyarakat terus kami lakukan, untuk memastikan hewan yang sehat dan aman dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan sebelum idul adha, petugas Bidang Peternakan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan berencana akan datang ke masjid-masjid di Bangka Selatan untuk mendata rencana jumlah kurban yang akan di potong.

"Kemungkinan hewan kurban yang siap di di potong akan bertambah, untuk itu kami akan mendata ke masjid masjid," katanya.

Adapun sapi yang tersedia meliputi bali, limousin, brahman,PO, simental dan terbanyak sapi madura sebanyak 148 ekor, sedangkan untuk kambing yang terdata yakni Kambing PE dan Kacang.

"Sapi yang siap untuk di kurban yakni, Sapi bali 54, limousin 23, brahman 19, simental 20, PO 2 ekor dan sapi bail sebanyak 148 ekor. Sementara itu Kambing terbanyak jenis PE 159 ekor, kambing kacang 109 ekor," katanya.
 

Pewarta: Eko SR

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019