Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung targetkan wilayah itu tetap bebas dari penyakit rabies yang menjangkiti hewan peliharaan milik masyarakat.

"Kami targetkan Bangka Belitung, khususnya Bangka Selatan tetap bebas dari rabies," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Minggu.

Ia mengatakan beberapa upaya terus dilakukan untuk menjadikan Bangka Selatan bebas rabies, termasuk gencarkan sosialisasi dan pemberian vaksin rabies secara gratis kepada hewan peliharaan milik masyarakat.

"Kami memiliki beberapa program untuk mengantisipasi rabies di Basel, yakni sosialisasi dan pemberian vaksin rabies pada tanggal 13 September mendatang," katanya.

Untuk itu, diharapkan masyarakat ikut berperan aktif berpartisipasi dalam upaya pencegahan rabies di Basel, agar Bangka Selatan tetap terjaga dari rabies, termasuk ikut mensukseskan acara vaksinasi gratis hewan.

"Kami berharap dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pencegahan rabies di Basel, wilayah Bumi Junjong besaoh tetap bebas penyakit rabies," katanya.

Menurut dia, sejauh ini belum ada laporan yang diterima Dinas Pertanian Pangan dan perikanan terkait penyebaran wadah rabies di Bangka Selatan, termasuk yang tertular kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada hewan yang terjangkit rabies, apalagi yang tertular kepada manusia, kami belum dapat laporan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019