Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini mengalokasikan bantuan bawang merah kepada kelompok tani yang tersebar di daerah itu.

"Tahun ini kami menyalurkan bantuan bawang merah untuk para kelompok tani di arael seluas 12 hektare," kata Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Tengah, Sugianto di Koba, Selasa.

Hal itu dikemukakan saat menghadiri panen bawang merah sebanyak 9,79 ton milik kelompok tani Sumber Jadi di Kecamatan Sungaiselan.

"Bantuan bibit bawang merah untuk seluas 10 hektare berasal dari APBN dan dua hektare dari APBD Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.

Ia menjelaskan, penyaluran bibit bawang merah tersebut dalam rangka mengembangkan program bawang merah yang sudah dicanangkan sejak 2015.

"Kami memberdayakan dan membina para kelompok tani di daerah ini untuk menjalankan program di bidang pertanian tersebut," ujarnya.

Sugianto mengharapkan dengan penyaluran bantuan bibit bawang merah tersebut dapat meningkatkan produksi tanaman hortikultura itu.

"Tentu kami terus mendorong para petani terutama yang tergabung dalam kelompok tani untuk mengembangkan tanaman bawang merah sebagai usaha alternatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019