Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol. Istiono, mengajak seluruh mahasiswa di Kabupaten Bangka tetap semangat menanamkan jiwa nasionalisme guna kepentingan menjaga NKRI.

"Menanamkan semangat jiwa nasionalisme bagi seorang mahasiswa dapat dilakukan dengan cara mencintai profesinya sebagai seorang mahasiswa," katanya di Sungailiat, Rabu saat dialog kebangsaan dengan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta.

Dikatakan,seorang yang nasionalis pasti memiliki jiwa idealisme, kerakyatan dan jiwa sosial.

"Ketika jiwa itu berada di diri kita maka akan muncul jiwa yang peduli dengan hak-hak orang lain," kata kapolda.

Menurutnya, jiwa nasionalisme harus di tumbuh kembangkan sesuai dengan profesi masing- masing orang, sehingga akan tercipta di suatu lingkungan atau daerah yang maju dan berkembang dengan keragaman profesi masyarakat tersebut.

Nasionalisme yang ada pada jiwa masyarakat kata kapolda, diyakini dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa di tingkat dunia.

Selain dibutuhkan semangat nasionalisme, sumber daya manusia juga dibutuhkan agar mampu berdaya saing dengan negara-negara di dunia.

"Kita memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah baik dari hasil sektor perkebunan, perikanan, pertambangan maupun sektor lainnya, kekayaan itu harus dikelola sumber sumberdaya yang berkualitas sehingga dapat dikembangkan dengan maksimal," jelasnya.

Bangsa Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam namun jika memiliki identitas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain di dunia yaitu, keragaman budaya dan adat istiadat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019