Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Adriawan mengatakan sejak H+3 Idul Fitri pelabuhan itu sudah mulai melayani penumpang dengan tujuan Tanjung Pandan.

"Hari ini kami sudah mengoperasikan satu buah kapal cepat Expres Bahari untuk keberangkatan tujuan Tanjung Pandan. Sebelumnya pada H+1 dan H+2 Idul Fitri, Pelabuhan Pangkalbalam tidak melayani keberangkatan," ujarnya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk keberangkatan jumlah penumpang ke Tanjung Pandan hari ini cukup banyak, karena diperkirakan keberangkatan masyarakat kesana selain untuk kembali bekerja juga untuk liburan.

"Hari ini kapal cepat mengangkut sekitar 400 penumpang. Jumlah ini tergolong cukup banyak bila dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya sekitar 300 penumpang," ungkapnya.

Dikatakannya, untuk hari ini pelabuhan hanya mengoperasikan kapal cepat untuk keberangkatan dengan tujuan Tanjung Pandan saja, karena untuk kapal Roro dnegan tujuan Jakarta baru bisa beroperasi pada Jumat nanti.

"Saat ini Pelabuhan hanya melayani keberangkatan ke Tanjung Pandan saja, karena kapal Roro baru bisa aktif pada Jumat karena di Jakarta masih libur bersama," jelasnya.

Menurutnya, puncak arus mudik di Pelabuhan Pangkalbalam akan terjadi pada H+5 dan H+6 saat kapal tujuan jakarta mulai beroperasi. Diperkirakan, jumlah penumpang pada hari itu bisa mencapai 1000 orang lebih.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak keberangkatan penumpang menuju Jakarta terjadi pada H+5 dan H+6. Selain itu, jumlah kedatangan penumpang dari Jakarta pada hari itu juga diperkirakan mengalami peningkatan," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014