Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta pendukung seluruh calon kepala desa menjaga persatuan dan kesatuan untuk menciptakan situasi yang aman dan tertib.

"Saya minta seluruh pendukung masing-masing calon kepala desa yang mengikuti pemilihan kepala desa untuk tetap menjaga dan mengutamakan persatuan dan kesatuan," kata Bupati Mulkan, di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan, perbedaan pilihan dan suatu demokrasi merupakan hal yang biasa terjadi, namun perbedaan pilihan itu jangan menjadi perpecahan warga masyarakat.

"Kita ketahui, persatuan atau semangat gotong royong biasanya masih tertanam bagi masyarakat di desa bahkan hampir semuanya saling mengenal," ujarnya pula.

Pesta demokrasi bagi masyarakat di sembilan desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak, Minggu (3/11), Bupati menjamin dapat terselenggara dengan langsung, umum, bebas dan rahasia.

"Saya sarankan masyarakat atau calon pemilih, hendaknya dapat menyampaikan hak suara untuk memilih salah satu calon kepala desa sesuai hati nuraninya," ujarnya.

Sembilan desa yang akan melaksanakan pilkades serentak meliputi Desa Jurung, Kimak, Air Anyir, Kace Timur, Petaling Banjar, Riding Panjang, Air Duren, Air Ruai, dan Desa Mapur.

Tercatat sebanyak 23.977 daftar pemilih tetap yang akan menggunakan hak suara pada pilkades serentak di 50 tempat pemungutan suara tersebar pada lima kecamatan.

"Siapa pun nantinya yang terpilih menjadi kepada desa hasil dari pilkades harus didukung oleh semua masyarakat desa, untuk kepentingan pembangunan selama menjabat," kata Bupati.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono SH MH sebelumnya menyampaikan, pihaknya akan mengawal pelaksanaan pilkades serentak untuk menjamin kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar.

"Saya minta agar panitia penyelenggara pilkades serentak dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), sehingga tidak ada pihak lain yang merasa dirugikan," katanya pula.

Kapolres mengatakan, untuk menjamin kelancaran kegiatan pilkades serentak dan memaksimalkan pengawasan pihaknya sudah melakukan pengecekan di seluruh tempat pemungutan suara dengan dibagi dua regu.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019