Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Keposang Kecamatan Toboali terbengkalai dan tidak aktif usai dibangun pada Tahun 2017 Silam.

Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Musani di Toboali, Jum'at mengatakan sampai saat ini ada beberapa Pustu yang dibangun pada tahun 2017 tidak aktif, salah satunya di Jalan Air Bulang Parit 5 Desa Keposang.

"Dua tahun terakhir banyak pustu yang dibangun tapi tidak berjalan maksimal tentu hal ini sangat mengganggu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," kata dia.

Menurut dia, dengan adanya pustu yang tidak beroperasi ini, pasti tentu menyebabkan DKPPKB Bangka Selatan tidak optimalkan dalam menjalankan fungsinya, terlebih hal ini sama dengan membuat APBD yang dikucurkan menjadi mubazir.

" Untuk apa dibuatin kalau tidak dipergunakan, kesannya sangat sia-sia saja. Dari dulu alasannya (DKPPKB) Basel kurang tenaga kerja medisnya dan juga tidak adanya sumur air, tapi kenapa tidak dianggarkan sudah 2 tahun terakhir ini, lucu jadinya," katanya.

Kades Keposang, Rakhmad juga membenarkan bahwa Pustu di Desa Keposang tidak berjalan sama sekali. Kendala tidak berjalannya Pustu tersebut juga sama tidak adanya ketersediaan air.

"Iya, kendalanya air bersih saja, tapi ada rencana dalam waktu dekat kita mau melakukan pengeboran air bersih menggunakan anggaran Dana Desa tahun anggaran 2019," kata dia.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019