Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan sebanyak 37 kasus orang dengan HIV tersebar di sejumlah tempat di daerah itu.

Kasi Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular, Surveilans dan Imuniasi, Dinkes Kabupaten Bangka, Sopianto, di Sungailiat, Selasa mengatakan, 37 kasus penderita HIV ditemukan mulai Januari sampai dengan akhir November 2019.

Dia mengatakan, penemuan kasus tersebut sejak dini melalui deteksi dini HIV pada semua ibu hamil dan kelompok risiko tinggi pada penderita TBC, waria, pekerja seks, transgender, warga binaan pemasyarakatan serta lainnya.

"Bagi penderita positif HIV AIDS disarankan kepatuhan minum obat ARV (antiretroviral) agar meningkatkan kualitas hidup sehingga dapat bekerja dan hidup normal," katanya.

Diakuinya, obat AVR tersebut bukan untuk mengobati melainkan lebih pada memperpanjang dan meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

"Terdata melalui layanan pengobatan Poli Melati di RSUD Depati Bahrin, total penderita HIV mencapai sebanyak 173 orang," kata Sopianto.

Untuk meminimalisasi kasus yang sama, kata dia, pihaknya terus memaksimalkan pencegahan kasus dengan berbagai kegiatan seperti pembinaan sejak dini.

Pencegahan HIV AIDS dapat dilakukan dengan metode tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah "abstinence", setia pada pasangannya, dan memakai kondom untuk orang yang berisiko, dan tidak memakai narkoba serta dan edukasi, demikian Sopianto.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019