Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana akan menata kawasan Kelurahan Tanjung Ketapang menjadi Destinasi Wisata Baru yang di beri nama "Excotic Village of Tanjung Ketapang".

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Selatan, Herman di Toboali, Rabu mengatakan penataan kawasan Tanjung Ketapang yang terkesan kurang rapi menjadi Destinasi Wisata baru yang eksotis dan terbangun ini akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

"Pada tahun 2020 nanti kami akan menata kawasan yang kesannya kumuh ini menjadi daerah terbangun. Kita tata, kolaborasi melalui dana kecamatan, kelurahan, Dinas LH, PU," kata dia.

Menurut dia, penataan Kelurahan Tanjung Ketapang menjadi kelurahan atau Desa eksotis akan sesuai dengan perencanaan memiliki konsep tematik. Di sana akan ada landmark atau papan nama bertuliskan Welcome to Tanjung Ketapang.

"Selain itu, kawasan tanjung ketapang akan di isi dengan seni mural, grafity saung pertemuan  dan restoran terapung. Kita mulai action pada tahun 2020 mendatang, untuk kapan selesainya, tergantung dana," kata dia.

Ia mengatakan munculnya konsep perencanaan penataan kawasan tersebut, yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini dilakukan setelah pihaknya turun langsung ke lapangan.

"Dalam pelaksanaannya Pemda tidak sendirian, namun akan melibatkan komunitas pemuda yang ada di daerah itu," kata dia.

Ia mengatakan Bappeda akan mendukung penuh wacana penataan kota, namun yang jelas harus dilakukan secara bertahap dan sesuai perencanaan.

"Bagaimana image nya nanti, tentu sangat mendukung penataan kota. Ketika kita selesaikan tata kota dari simpang nanas sampai tugu simpang lima, namun nelayan tidak kita benah maka percuma," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019