Koba (Antara Babel) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menyatakan membutuhkan satu kapal berukuran besar untuk penyelamatan korban bencana alam di laut dan sungai.

"Perahu kecil dan perahu karet kami sudah punya, kapal berukuran besar belum ada," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bangka Tengah, Kaharuddin di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, kapal tersebut sangat dibutuhkan karena manfaatnya cukup penting bagi petugas untuk melakukan penyelamatan di laut.

"Kapal ini juga nanti bisa menjadi armada untuk mengevakuasi korban kapal tenggelam karena daya jelajah dan kekuatan menghadang ombaknya cukup kuat," ujarnya.

Pihaknya mengajukan permintaan kapal tersebut ke pemerintah pusat namum sampai sekarang belum terealisasi padahal sudah lama diajukan.

"Kami tidak tahu kendalanya di mana, namun yang pasti kami sangat membutuhkan," ujarnya.

Pihaknya sudah mendapat kabar dari Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung bahwa permintaan itu sudah disetujui, namun baru sebatas informasi.

"Kami menunggu, mudah-mudahan dalam waktu dekat kapal tersebut sudah ada sehingga tidak menjadi kendala bagi petugas kami untuk untuk menghadapi bencana di laut," ujarnya.

Menurut dia, selain permintaan kapal pihaknya juga meminta mobil serbaguna yang bisa difungsikan sebagai dapur umum.

"Kalau mobil serbaguna kami sudah mendapat komfirmasi dari pemerimtah pusat bahwa dalam waktu dekat segera dikirim," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014