Komisi Pemilihan Umun Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyeleksi sebanyak 118 calon anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk membantu menyukseskan Pilkada pada September 2020.

"Sebanyak 118 calon PPK tersebut sudah mengikuti tahapan tes tertulis, sementara jumlah anggota PPK yang dibutuhkan sebanyak 30 orang atau lima orang per kecamatan," kata anggota KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, dari hasil tes tertulis akan diambil sebanyak 10 orang per kecamatan dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

"Artinya akan diambil sebanyak 60 orang nilai tertinggi untuk mengikuti tahapan tes berikutnya yaitu tes wawancara," ujarnya.

Ia mengatakan, wawancara merupakan tes tahap akhir yang nanti akan dipilih sebanyak 30 orang anggota PPK untuk mengisi enam kecamatan di kabupaten itu.

"Minat masyarakat untuk menjadi anggota PPK memang cukup tinggi, tentu ini sesuai dengan harapan kami karena lebih memberi ruang yang cukup besar kepada kami untuk menyeleksi anggota PPK yang benar-benar berkualitas," ujarnya.

Ia mengatakan, PPK merupakan garda terdepan untuk membantu KPU dalam menyukseskan Pilkada 2020 terutama menjalankan tahapan-tahapan yang sudah mulai berjalan.

"Kami tetap memiliki komitmen yang kuat bahwa anggota PPK harus memiliki kualitas, berkapasitas, kapabelitas dan berintegritas," ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan tahapan bahwa anggota PPK yang lulus seleksi akan diumumkan pada 5 Februari 2020.

"Peserta yang lulus akan diumumkan pada 5 Februari 2020, langsung dilantik dan dikeluarkan SK nya dan sudah mulai bertugas membantu menjalankan tahapan Pilkada," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020